M E N U

Organisasi Kelas Yang Sehat tetap Menjadi Kebutuhan


Organisasi kelas tidak hanya berfungsi sebagai dasar terciptanya interaksi guru dan murid, tetapi juga menambah efektivitas, yaitu interaksi yang bersifat kelompok. Hasil riset untuk membuat iklim kelas sehat dan efektif ialah sebagai berikut :

  • Bila situasi kelas memungkinkan anak-anak belajar secara maksimum, fungsi kelompok harus diminimalkan.
  • Menagemen kelas harus memberi fasilitas untuk mengembangkan kesatuan dan kerjasama.
  • Anggota-anggota kelompok harus diberi kesempatan berpartisipasi di dalam pengambilan keputusan yang memberi efek kepada hubungan dan kondisi kerja.
  • Anggota-anggota kelompok harus dibimbing dalam menyelesaikan kebimbangan, ketegangan dan perasaan tertekan.
  • Perlu diciptakan persahabatan dan kepercayaan yang kuat antar murid.
Segala upaya mewujudkan poin-poin tersebut sebagai rangkaiannya adalah sejalan dengan kita "Merencanakan Perubahan Lingkungan", dan juga sangat mendukung dalam "Meminimalkan Problem Tentang Hubungan interpersonal".

@LVJ/MAB disarikan oleh Dr.Made Pidarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar