Kata Orang " Diam Itu Emas "

Silent Sky dinger

Kata orang, adalah sebuah pilihan sederhana yang dipakai oleh teman-teman untuk menceritakan  atau mengungkap banyak hal, atau pembuka untuk memulai obrolannya.
Ia menjadi bagian dari ungkapan yang sederhana dan akrab bagi telinga kita. Anak-anak, remaja hingga yang yang tua tetap menggunakannya hingga kini. Mengandung sesuatu yang penting atau menarik pada isi yang ingin diceritakan tetapi sang pemakai tidak ingin memaksa kepada yang mendengarnya untuk segera percaya begitu saja. Demikian pesan  sederhana yang sering saya tangkap ketika orang memilih menggunakan kata itu.

Saya meyakini yang membaca halaman ini sudah pernah melihat emas betulan, yang juga sering disebut sebagai logam mulia. Namun demikian bukan emas itu yang ingin kita ulas sedikit di dalam teks ini. Saya lebih memilih memulai dari kata diam yang terkandung di dalam judulnya. Ada orang-orang yang memilih mengerjakan banyak hal dengan mencoba sendiri dahulu sedikit demi sedikit hingga ia mencoba yang lebih berat dan membuktikannya hingga ia betul-betul bisa atau mampu menguasai. Ia tidak banyak bercerita kepada teman-tamannya baik cerita langsung maupun di media sosial. Misalnya Reni, seorang anak berumur delapan tahun merasa malu karena belum bisa bercerita bersama teman-temannya tentang kegiatan bersepeda dengan teman-temannya. setelah itu setiap sore ia belajar sendiri ditemani kakaknya selama dua minggu lebih hingga pada akhirnya ia betul-betul sudah bisa bersepeda sendiri dengan keseimbangan yang baik dan tidak takut untuk berkeliling di sekitar rumah bersama kakaknya. Ia tidak bercerita apa pun tentang bersepeda kepada teman-temannya selama ia sedang belajar naik sepeda, ia juga tidak menghitung sudah berapa kali ia terjatuh sejak ia belajar naik sepeda.

Pada kesempatan ini kita dapat pula menerapkan hal serupa untuk literasi anak-anak. Mengajak mereka memiliki kemampuan yang semakin baik untuk mencerna informasi, mengolahnya dengan keadaan pribadi dan situasi setempatnya hingga pada bagian utamannya dapat mempraktekkan atau menerapkan pada hal sederhana dan dekat dengan kebutuhan atau lingkungannya.
Misalnya :

  • Amatilah bukumu yang kamu pegang dari sampul hingga halaman lima ?
  • Apa yang dapat kamu ceritakan dari sampulnya ?
  • Adakah yang dapat kamu baca atau kamu ikuti/ tirukan dari halaman itu ?
  • Adakah yang dapat dicoba / dipraktekkan dari halaman-halaman itu?
  • Adakah lagu yang dapat saya nyanyikan dari halaman-halaman itu?
Semoga hari ini anda mendapatkan sesuatu yang baik dari apa yang anda baca, serta dapat anda bawa dalam hidup anda.


Dapatkan aneka sumber bacaan dengan rajin menelusuri aneka sumber online tak terbatas semoga semakin bertambah disegarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar