M E N U

Ayo... Kita Kenalan !


 “Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik”. 

Berikut ini adalah paragraf ringan dan menyenangkan yang saya buat berdasarkan beberapa sumber terlampir, tiada lain sebagai AKSI NYATA  turut berbagi pemahaman serta beberapa penerapan Kurikulum Merdeka. Menyadari bahwa untuk mencapai tujuannya semua pihak sangat pantas untuk semakin  tahu, memahami hingga dapat mengimplementasikan perangkat yang telah disiapkan oleh banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Hanya saja pada bagian ini saya akan pilih satu tema ini sekiranya cocok buat pendidik baik orang tua maupun  guru. tema tersebut adalah “Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik”. 




Apakah Anda pernah merasa bosan atau kurang bersemangat ketika mengajar di kelas? Apakah Anda merasa tidak cocok dengan karakteristik dan kebutuhan murid-murid Anda? Apakah Anda ingin menjadi guru yang lebih baik dan lebih merdeka? Jika jawaban Anda ya, maka Anda perlu mengenali dan memahami diri Anda sebagai pendidik. Mengapa demikian? Karena dengan mengenali diri sendiri, Anda akan mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda, serta potensi dan minat Anda dalam mengajar. Dengan memahami diri sendiri, Anda akan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, teknologi, dan murid-murid Anda. Dengan demikian, Anda akan menjadi pendidik yang merdeka, yaitu pendidik yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, tidak tergantung pada orang lain, dan mampu menuntun murid-muridnya untuk menjadi manusia merdeka pula.

Bagaimana cara mengenali dan memahami diri sebagai pendidik? Salah satu caranya adalah dengan belajar dari pemikiran Ki Hajar Dewantoro, bapak pendidikan nasional Indonesia. Beliau memiliki gagasan dan prinsip pendidikan yang sangat relevan hingga saat ini. Beliau mengajarkan bahwa pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat. Beliau juga mengatakan bahwa pendidik itu menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak. Dari pemikiran beliau, kita dapat belajar bahwa sebagai pendidik, kita harus menghormati kodrat atau fitrah murid-murid kita, serta membantu mereka untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Untuk lebih memahami gagasan dan prinsip Ki Hajar Dewantoro, Anda dapat melihat PPT dengan tema “Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik” yang saya temukan berupa PPT. PPT ini berisi materi yang disampaikan oleh Muhammad Muzammil, S. Si, seorang guru SMP Ibrahimy 1 Sukorejo. PPT ini menjelaskan tentang pengertian manusia merdeka, peran pendidik dalam menuntun kekuatan kodrat murid-muridnya, serta strategi penerapan pembelajaran yang memerdekakan murid-muridnya. PPT ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar menarik dan latihan-latihan interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman Anda.

Saya harap informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang topik ini, Anda dapat melihat sumber-sumber lain yang saya temukan di bawah ini. Selamat belajar dan semoga sukses! 😊

Sumber :
Bahan  Untuk Slide/ PPT / Power Point untuk presentasi anda seputar Modul Merdeka...






Modul Ajar SD/ MI (contoh umum untuk kaitannya dengan CP/ ATP mata pelajaran :TIK,Bahasa Inggris,IPAS,Matematika ( Fase A, Fase B dan Fase C))





Tidak ada komentar:

Posting Komentar