Apa Arti ...

Apa arti kata balada?
Mungkin diantara kita sudah sering mendengar atau mengucapkan kat tersebut, namun lupa artinya, ragu-ragu dan lain-lain membuat kita menjadi penasaran.

Balada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata balada adalah sajak sederhana yang mengisahkan cerita rakyat yang mengharukan, kadang-kadang berupa nyanyian (dinyanyikan), kadang-kadang berupa dialog. Balada memiliki arti dalam bidang ilmu sastra.

Balada dalam tarian juga termasuk didalamnya sebagaimana teman mengurai dalam cara smartnya juga menarik untuk dibaca ;
Tarian Balada Cenderawasih merupakan tarian Modern atau tarian kreasi orang Papua yang diciptakan oleh seniman-seniman Papua. Burung Cenderawasih di Tanah Papua merupakan burung kebanggaan masyarakat Papua karena keindahannya. Suaranya yang merdu dan menawan membuat setiap orang yang mendengarnya menyatakan bahwa hidupnya selalu gembira, apalagi warna-warni bulunya sehingga membaut orang untuk memburuny. Habitat ini hidupnya berpasang-pasangan yaitu Burung Jantan dan Burung Betina, bahwa apabila yang jantan sudah mati maka burung betina akan menjanda dan tidak akan kawin lagi. Dengan demikian burung betina tersebut tidak akan memberikan keturunan bagi habitatnya. Sang Betina bila kehilangan pasangannya, ia akan pergi mencari kesana dan kemari, kemudian karena tidak ditemukan sang jantan maka ia akan meratap dengan sedih karena kehilangan pasangannya. Tarian Balada Cenderawasih memberikan suatu pandangan sekaligus mengajak masyarakat Papua untuk dapat menjaga, melestarikan serta melindungi Burung Cenderawasih agar tidak punah dari habitatnya.

 >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar