Uni Yang Baik Yang Stel Volume or Hingga Isi Kepala kita

Goresan dan Coretan Asalan Penghibur

 

Mendapatkan yang kesekian kali kata kebetulan

Telah menyentak simpul-simpul penglihatan menundukkan pandangan

Menyadari adanya kegelapan pada perubahan yang kini harus dimengerti

Dimengerti tanpa pertemuan-pertemuan yang  membubuhkan

Utamanya prinsip-prinsip bila itu boleh dinamai kiat memadunya

Wajah-wajah berubah dalam bentuk-bentuk tanpa hitungan

Bertemunya cinta tanpa lagi rantau jadi kisah yang harus  diratapi

Tanpa pula mereka-teka hingga mengulang hilangkan satu bagian

Hingga memusing para perindu asmara menyebut sebut dengan lembut

Sebagai panggilan sayang meski arah itu hanya menjelajah ruang misteri

Selebar senyum dikisah selebar rentang jiwanya menguak luasnya bukit cadas itu

Runut seturut maksud hati ingin bicara bagaimana cinta datang sebagai kekasih…. Usai wisuda pertama

 

Perubahan yang paling tampak katanya pada wajahnya ketika mendengar ia disebut langsung diam dan tertunduk. Ada teman yang bilang ia merasa malu karena ia memang pemalu, yang lain bilang soalnya yang ia tulis apa adanya suasana hati yang sedang dialaminya kala itu, terutama ketika harus sendiri bukan karena mau hening tapi ditinggalin sama  yang ia sering ceritakan. Yah jelasnya yang ia sayangi.

Ia menjadi cerita dalam forum besar bukan tidak mau karena hari itu hari keberhasilannya sedangkan pembacaan yang membuat ia merunduk itu bukan karena untuk menghormat meskipun yang membacanya memang orang yang ia hormati, dan bukan karangan pembaca tapi memang apa yang ia tuliskan sendiri serta tawa gaduh itu muncul….

Sebagai tambahan wajahnya malu tersipu tanpa pengakuan dan kata iya darinya juga semua teman sudah tahu dia lebih dari 3 tahun dan sering bersama-sama melewati berbagai acara.

Meskipun tidak terkenal jika dibandingkan para aktivis kampus namun hari itu telah mengangkat namanya dan dibalik itu ia juga bersyukur, setidaknya disamping lulus dengan memuaskan ia pun membuat banyak orang menjadi bisa tertawa.

Namun ia tetap bertanya-tanya seusainya bagaimana bisa nama dia yang bikin heboh padahal yang mengalami hal seperti itu bukan hanya dirinya, yang punya prestasi juga sama. Ia belum paham apabila random atau disengaja bisa terjadi tetapi dia tidak menolak atau menolak beliau membacakannya.

Hal yang menguntungkan kelas kelulusannya langsung diketahui bukan ia sendiri tapi juga  oleh banyak orang bahkan melewati batas negara ketika itu sudah terunggah di media. Ia hanya meminta kepada teman-teman dekatnya untuk tidak mengulang-ulang kalimat yang ia tulis dan dibacakan tadi, karena akan membuatnya malu.Mending kasih info kerjaan apa yang kasih cuan lumayan atau  beasiswa yang dapat diambil kalo mau lanjut soalnya ini sangt membantu.

Tambahan pengalaman bikin ia kuat dan ada kiat baginya agar tidak mudah termakan janji juga membuat janji tapi semakin jeli mengenali banyak pribadi.

Tentang masalah yang pernah dihadapinya tetaplah masalah kalau diikuti, tapi kalau dibiarkan dijadikan saja sebagai bagian mata kuliah dan merasa udah lulus; jadi gak perlu lagi kembali kepada ia yang sudah mengkhianati.

Ada satu keyakinan yang sudah memberikan bukti yakni prestasi yang tadi dibacakan, yah tidak berlari dari masalah dan tugas dan tanpa terpengaruh sama yang jelek, curang, gak punya komitmen sebaliknya memacu diri sendiri dan membawa focus emosi pada tujuan awal hingga akhirnya lulus sesuai rencana sudah menjadi bukti yang dapat dirinya semakin percaya diri dapat mengatasi masalah.

Tanpa nada jumawa iringan kata terima kasihnya selalu untuk kedua orang tua juga para dosen dan para pembimbing hingga teman-temannya yang telah bikin ia bertambah kuat.

Kadang-kadang ia seperti pemimpi kalau lagi ngumpul dengan teman-teman saat mencari solusi atau jawaban dari setiap tugas-tugas atau bahkan saat mereka hanya ingin bermain-main saat senggang tetapi itu bukan harapan kosong dan tanpa logika dan beberapa teman juga membuktikan kiat-kiat asalan tapi dibilang jos dan terbukti bagi mereka sendiri setidaknya bagi kalangan kecil mereka….

Jangan Cuma melihatnya kalau lagi malas bangun tapi keaktifannya yang terus menerus hingga tuntas satu jenjang studinya kini, sudah sebagai salah satu bukti kepercayaan dirinya dalam menjalani langkah-langkah kecilnya mempraktikan kiat sukses yang semoga dapat dibawa terus saat kerja hingga berkeluarga nanti.

 

Coretan seberang Layar

Non or without (painting, brushes, sprayer)

Para rekan juga mantan wisudawan

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar